Posted by : Vaiolin
5 Jun 2016
Harus diakui bahwa bermain game merupakan salah satu cara kita untuk melepas penat dari segala masalah atau melupakan sejenak tugas dari kampus atau dari kantor bagi anak kecil, remaja bahkan hingga orang dewasa. Jika terlalu lama dan sering bermain game akan ada efek yang akan kita dapatkan baik itu dari efek positif dan efek negatif. Anak-anak yang bermain game online bisa menghabiskan waktu selama lebih dari 15 jam seminggu atau rata-rata 2,5 jam perhari maka akan terkena dampak kecanduan pathologis. Namun, dengan pengaturan waktu bermain serta pengawasan yang tepat, ada sejumlah keuntungan yang jutsru akan didapat ketika kita bermain game.
Game konsol modern saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan video game dapat sekaligus melatih otot dan gerak selayaknya berolahraga, seperti halnya yang disediakan oleh konsol Nintendo Wii, PS3 Move, atau yang lebih canggih lagi, Xbox 360 Kinect.
Game – game yang melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola dsb, yang mengharuskan anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema video game yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang dalam. Ketiganya memiliki harga yang berlainan yang dapat disesuaikan dengan kocek anda.
Efek fisik dalam game ada 2, yaitu positif dan negatif :
Efek Positif
Efek Positif
- Meningkatkan Konsentrasi
- Media Hiburan
- Membuat Kita Melakukan Aktivitas Fisik
- Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
Psikolog dari Finland Univesity juga menyatakan bahwa "game meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak". Jadi yang bilang bahwa game itu membuat minat membaca pada anak menurun, mungkin kurangnya bimbingan orang tua atau kesadaran anak.
Efek Negatif
- Kerusakan Mata
Ini true story nih, karena terlalu fokus ke layar monitor / TV, jarak yang terlalu dekat, dan kurangnya cahaya ruangan, hmm komplit sekali membuat mata saya menjadi miopi / sering disebut orang-orang rabun jauh. Nah semoga habis baca ini artikel mulai sadar ya, berikut tips dari saya nih :
- Jarak aman yang bermain game menggunakan tv, yaitu ukuran tv / diagonal layar (inchi) dikalikan 5, misal layar tv : 32 inchi x 5 = 4,2 meter. berarti jarak minimal 4,2 meter dari tv.
- Jika bermain dikomputer yang berarti mengharuskan jarak dekat, usahakan istirahatkan mata secara berkala, misalnya mengalihkan pandangan dari komputer untuk menghindari kelelahan mata.
- Pakai Kacamata anti radiasi, tapi kalo gak mau ribet pakai pelindung layar pada komputer.
- Jangan lupa ruangan harus cukup cahaya.
- Perbanyak konsumsi buah dan sayur.
- Kurangnya kemampuan bersosialisasi dengan dunia luar
Ini sering terjadi disekitar saya, tidak sedikit anak-anak yang menjadi introvert. Karena terlalu sering bermain game, beberapa dari mereka dunia sosialnya mungkin jadi terbatas. Memang mungkin mereka bersosialisasi dengan sesama pemain game dalam game online, namun wawasan mereka tentang dunia luar menjadi berkurang, sehingga dalam bersosialisasi diluar dunia game, mereka kurang memiliki bahasan dalam obrolan, sehingga membuat meraka minder.
- Kecanduan
Mengapa efek yang terakhir kecanduan ? karena inilah sumber masalahnya, beberapa gamers yang mengalami kecanduan game mereka mungkin akan mengalami hal yang buruk, seperti menurunnya kesehatan, karena kecanduan game membuat mereka begadang terus menerus, yang mengakibatkan mereka dapat terkena sakit kepala, serangan jantung dan stroke. Kemudian karena kecanduan membuat mereka lupa waktu, sehingga melewatkan waktu makan dan membuat mereka terkena maag. dan masih banyak lagi.
Jadi ingat bukan gamenya yang membuat hal buruk terjadi, namun karena kurang kesadaran kita dalam bermain game. Semua yang berlebihan pasti akan berakibat buruk, begitu juga pada game. Bila kita dapat mengontrol waktu dalam bermain, misalnya sehari hanya 1 - 2 jam saja cukup. niscaya kita akan mendapatkan efek positifnya lebih banyak ketimbang efek negatifnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Collision Detection
Apa pentingnya collision detection ( deteksi tubrukan ) dalam program game ? tentu penting sebab Algoritma untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game. Flash mulai versi 5 ke atas menyediakan method yang bernama hitTest untuk memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum method hitTest ini tersedia, seorang programmer Flash harus mendeteksi secara manual koordinat sebuah movie clip, apakah movie clip ini bertabrakan dengan movie clip lain. Cara ini sangat merepotkan karena harus mempertimbangkan pula ukuran movie clipnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
User Interface pada Teknologi Game
"Don't judge a book by it's cover" Jangan nilai buku dari sampulnya ? hah basi..
Menurut saya ungkapan ini tidak berlaku disemua tempat, karena menurut saya cover is the first thing to be seen. Cover itu hal pertama yang dilihat, cover itu hal pertama yang membuat ketertarikan, cover itu salah satu daya jual suatu produk.
Nah ini juga berlaku dalam game, user interface atau antarmuka pengguna atau tampilan pengguna adalah awal yang menjadi daya tarik untuk memikat hati para gamers. Memang keseruan suatu game tidak bisa dilihat dari user interface nya saja karena masih banyak elemen penentu lainya, namun interface juga menjadi salah satu penentunya.
Berikut beberapa elemen dalam interface sebuah game :
- Diegetic
Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed. Assassin’s Creed berhasil menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya futuristik daripada sejarah.
- Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain. Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Grand Theft Auto 4 Berinteraksi dengan telepon di Grand Theft Auto 4 adalah contoh menarik. Ini meniru interaksi dunia nyata – Anda mendengar dering telepon dan ada penundaan sebelum karakter dan pemain menjawabnya. Elemen UI sebenarnya itu sendiri muncul pada pesawat hub 2D, jadi itu benar-benar elemen Meta, meskipun awal interaksi yang diegetik.
- Non-Diegetic
Antarmuka yang diberikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata desain interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD). semua menjadi sangat nyaman dengan penggunaan heads-up display (HUD) dalam permainan. Sistem ini memberikan informasi penting dengan cara yang cukup sederhana. Jika dilakukan dengan benar pemain bahkan tidak tahu itu ada. Mass Effect 3 menggunakan banyak Non-diegetik elemen UI untuk menginformasikan pemain senjata karakter dipilih dan kekuasaan – antara lain. Mengingat pengaturan futuristik itu saya tidak bisa membantu untuk berpikir jika beberapa informasi ini bisa telah terintegrasi ke dalam dunia game, narasi, atau bahkan keduanya.
- Spatial
Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik). Fable 3 adalah contoh di mana unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih kepada pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak bersinar hampir cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi karakter tidak dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan berikutnya.
Sumber:
https://marshaclick.wordpress.com/2015/04/18/interaksi-fisik-dalam-teknologi-game/
http://deafegykarinaa.blogspot.co.id/2016/05/efek-fisik-dalam-teknologi-game-petgame_19.html
http://brilliant-spot.blogspot.co.id/2016/05/interaksi-fisik-dalam-game.html
http://thisblogeem.blogspot.co.id/2016/05/efek-spesialfisik-dan-interface-user.html
http://aryoramangan.blogspot.co.id/2016/05/petgame-interaksi-fisik-dalam-teknologi.html
http://cahyoikhsan.blogspot.co.id/2016/05/petgame-interaksi-fisik-dalam-teknologi.html