Posted by : Vaiolin
9 Okt 2016
Pengantar
Bisnis Informatika
Tugas
1
NPM : 53413845
Nama : Hairul Muminin Oktavalin
Kelas : 4IA12
1.
Definisi Umum Bisnis, TIK, dan Bisnis
Informatika
·
Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks
individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan
bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan
meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah
bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka
berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya
bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya
atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar
kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan
dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang
menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan,
tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan
usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan
mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada
sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling
luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia
barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi
bahan perdebatan hingga saat ini.
·
TIK
Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information
and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang
mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.
Jika ditinjau dari asal sebuah kata teknologi. Kata teknologi berasal dari
bahasa Yunani, technologia, atau techne yang mempunyai arti ‘keahlian’ dan
logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi
merupakan sesuatu yang mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk
kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras. TIK
mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan
teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke
lainnya. Sedangkan Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media
yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text,
audio, grafik, animasi, dan video.
·
Bisnis Informatika
Bisnis Informatika memiliki
pengertian suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang
memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang
dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Bisnis informatika berkembang
dengan pesat akhir - akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula
teknologi informasi karena bisnis informatika muncul karena adanya peluang yang
terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Itulah pengertian dari bisnis
infromatika setelah kita mengetahui apa itu bisnis infromatika hal yang perlu
kita garis bawahi dari pengertian di atas adalah bahwa suatu kegiataan yang
memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan dilakukan dengan
bantuan teknologi informatika memiliki kaitan dengan bisnis informatika, apapun
bidangnya selama kita melakukan dengan bantuan teknologi itu termasuk ke dalam
bisnis infromatika contohnya: segala kegiataan transaksi jual beli online saat
ini. transaksi seperti ini sangat memudahkan para penjual ataupun pembeli tanpa
ada batasan jarak dan waktu cukup dengan modal computer,tablet ataupun
smartphone penjual dan pembeli dapat melakukan proses transaksi dimanapun dan
kapanpun.
2.
Software House
Software
house adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang software development.
Requirement yang dibutuhkan oleh sebuah software house adalah : sistem
informasi ini mampu menangani beberapa aspek dasar dalam setiap perusahaan,
diantaranya adalah kepegawaian, transaksi project, dan inventaris perusahaan.
Software
house dapat diartikan sebagai sebuah perusahaan yang menghasilkan produk dalam
bentuk software. Contoh software house besar yang kita kenal seperti Microsoft,
Apple Inc, Oracle Corporation, dll.
Sebuah
software house biasanya terdiri dari beberapa tim, diantaranya:
Bisnis
analis : bertugas untuk menganalisa apa yang dibutuhkan pasar.
Programmer
: untuk membuat program/software.
Tester
: untuk mengetes apakah software sudah berjalan sesuai yang diinginkan.
·
Perusahaan Software House (PT. Air Media
Persada)
PT. Air Media Persada atau
lebih dikenal dengan AirMedia adalah Perusahaan Software di Indonesia dengan
Badan Hukum (Perseroan Terbatas) yang mengembangkan Sistem Informasi berbasis
Web. Layanan AirMedia secara umum meliputi Layanan Jasa Teknologi Informasi -
Perancangan Software Sistem Informasi berbasis Web (Web based Information
Systems). Beberapa produk dan layanan kami, meliputi: Perancangan Sistem
Informasi Akademik, Perpustakaan, Kepegawaian, Keuangan, Pengelolaan Aset, Portal
Web/Web Desain, Pengadaan Hardware, Networking/Jaringan serta Pelatihan di
bidang Teknologi Informasi. Saat ini, Sistem Informasi Akademik menjadi salah
satu Software Utama dan Terbaik dari AirMedia.
Mulai dari tahun 2004, AirMedia telah
berpengalaman menangani berbagai macam segmen klien dari seluruh Indonesia,
mulai dari Instansi Pemerintah Daerah, Institusi Pendidikan (Perguruan
Tinggi/Sekolah), Perusahaan BUMN dan Swasta sampai dengan Organisasi Nirlaba
dan Personal.
o
Teknik Penjualan
Teknik penujalan pada PT.
Air Media Persada mencakup promosi pada website yang mereka buat dengan
kemudahan cara pembelian. Dan disediakan FAQ pada web tersebut.
o
Pemasangan dan Pemeliharaan
Pada saat pembelian produk
atau jasa di PT. Air Media Persada maka akan mendapatkan :
+ Instalasi dan Konfigurasi Software
(Intranet/Internet)
+ Kustomisasi Software pada tahap Instalasi
+ Free Update Fitur Software dari kami
+ Free Layanan Migrasi Database
+ Free Pelatihan Admin/Operator
+ CD Software (encrypted code) (optional)
+ Buku Manual Penggunaan.
+ Garansi Sistem dan Pendampingan.
Sehingga segalanya akan menjadi mudah karena pemasangan
dan pemeliharaan terintegrasi dengan baik.
Komentar Pribadi
Kelebihan :
§ PT.
Air Media Persada sudah berdiri cukup lama dari tahun 2004 sehingga
pengalamannya tidak perlu diragukan lagi.
§ Sudah
banyak testimony dari berbagai klien.
§ Kualitas
tidak perlu diragukan. Software dibuat 100% sendiri.
Kekurangan :
§ PT.
Air Media Persada hanya terdapat di Jogja.
3.
Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia
dan dunia
Perkembangan
bisnis TI di Indonesia cukup drastis, hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan
pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan
pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia teknologi informasi. Perkembangan
ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti dalam dunia bisnis. Bisnis dalam
bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan cukup menjanjikan.
Karena itulah banyak orang yang mencoba untuk menggeluti bidang ini, seperti
bisnis hardware, software dan penyedia layanan konsultasi dan bisnis jual-beli
online. Sekarang ini banyak perusahaan- perusahaan yang melakukan bisnis
online, seperti penjualan sepatu dan baju (toko online), mainan, bahkan makanan
juga bisa dipesan secara online. Hal ini terjadi karena internet seperti yang
kita ketahui dapat menembus batas ruang dan waktu. Oleh karena itu, kualitas
sumber daya dan fasilitas dalam bidang TIK harus selalu di tingkatkan untuk
mendukung kegiatan bisnis yang semakin maju dan mungkin akan semakin bertambah
peminatnya. Dan kita harus memperbesar porsi lokal dalam dunia bisnis teknologi
informatika di Indonesia.
Dunia
bisnis dibidang TI akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan dengan adanya
media informasi dan perangkat teknologi yang makin canggih. Dari dunia Maya
atau internet inilah lahir sebuah social media. internet dan social media bisa
menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal pasar dan konsumennya. sekarang
iklan standar yang ada di televisi , majalah, atau radio tidak lagi menjadi
referensi utama bagi orang – orang yang ingin membeli sebuah produk. social
media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru menjadi alat promosi yang
lebih efektif untuk melakukan promosi. kita ambil contoh blog dan website
jejaring social. kedua layanan ini bisa mempengaruhi penilaian masyarakat
terhadap sebuah produk. sebelum membeli laptop misalnya, kita bisa googling
dulu untuk mencari link – link yang berisi review – review terhadapa produk
laptop yang akan kita beli tersebut.
Daftar
Pustaka: